Table of Content

Apa itu Donghua? Berikut Adalah Penjelasan, Genre, dan Rekomendasinya!

Dalam dunia animasi tentu tidak asing dengan kata "Donghua". Tapi, apa itu Donghua? Berikut penjelasannya!

Apa itu Donghua? Berikut Adalah Penjelasan, Genre, dan Rekomendasinya!

Donghua merupakan sebutan animasi yang berasal dari Tionghoa atau China. Sebutan tersebut sama halnya dengan anime yang sudah kita kenal berasal dari Jepang. Donghua dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gaya gambar 2D layaknya seperti anime dan 3D yang menggunakan teknologi Computer Generated Imagery (CGI).

Donghua memiliki banyak perbedaan dari animasi lainnya, terutama dalam hal bahasa dan tema yang diangkat dalam ceritanya. Kebanyakan Donghua berasal dari Manhua atau seri komik yang juga berasal dari China dan berbahasa Mandarin.

Tipe-tipe Genre Donghua

Saat ini Donghua sudah merebah di Indonesia, banyak para penonton yang menghabiskan waktunya untuk animasi asal Tionghoa ini. Setiap orang memiliki seleranya masing-masing, oleh karena itu banyak sekali jenis genre yang menjadi ciri khas dari animasi Donghua.

Kebanyakan Donghua akan mengambil tema yang berasal dari budaya-budaya mereka, Tionghoa. Diantaranya seperti seni bela diri Tiongkok, makhluk-makhluk mitologi, xianxia (dimana sebuah manusia menjadi abadi dan memiliki kekuatan sihir), dan beberapa genre yang sudah semestinya ada pada animasi seperti action, adventure, dan sebagainya.

Contoh/Rekomendasi Donghua

Apa itu Donghua? Berikut Adalah Penjelasan, Genre, dan Rekomendasinya!
Judul Donghua: Mo Dao Zu Shi

Beberapa Donghua sudah cukup terkenal dan populer di Indonesia. Animasi asal Tiongkok ini memiliki daya tarik tersendiri dan cukup membuat penasaran untuk diikuti alur dan jalan ceritanya.

Jika kamu suka dengan genre komedi, roman, dan supernatural maka kamu bisa menonton Huyao Xiao Hongniang yang bercerita tentang para "yokai" atau rubah yang memiliki tugas untuk menjodohkan pasangan yang sudah ditakdirkan, tapi mereka juga tetap menjaga benang merah perjodohan antara manusia dengan yokai jika memang itu sudah ditakdirkan.

Masih banyak Donghua lain seperti Mo Dao Zu Shi, Tian Guan Ci Fu, Quanzhi Gaoshou, Wan Sheng Jie, dan Xiao Lu He Xiao Lan yang memiliki rating tinggi di situs web MAL.

Kesimpulan

Tidak ada halangan untuk kamu mencoba hal baru dengan menonton Donghua. Art dan story yang ditawarkan tidak kalah dengan anime yang mungkin sudah sering kita tonton.

Writer for neeotaku.com from Indonesia, I like anime, khususnya Naruto and Boruto. Selain itu, juga memiliki minat lebih terhadap musik Jepang.