Table of Content

Apa itu Murim dalam Manhwa? Mengenal Dunia Martial Arts di Korea Selatan

Salah satu genre yang cukup umum dalam manhwa dan webnovel korea adalah murim. Tapi, tahukan kamu apa itu murim?
Apa itu Murim dalam Manhwa? Mengenal Dunia Martial Arts di Korea Selatan

Manhwa adalah istilah yang digunakan untuk komik atau novel grafis yang berasal dari Korea Selatan. Istilah ini digunakan untuk membedakan komik Korea dengan komik Jepang yang disebut manga. Manhwa memiliki banyak sekali genre seperti aksi, drama, fantasi, romansa, dan salah satu genre yang sering ditemukan dalam manhwa adalah martial arts atau seni bela diri.

Martial artist atau yang disebut juga dengan murim sering diangkat menjadi genre cerita dalam manhwa. Para pelaku murim ini memiliki keahlian bertarung yang tinggi dan seringkali dipuja oleh orang-orang di sekitar mereka. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang murim di manhwa dan webnovel asal korea. Berikut pembahasannya!

Apa itu Murim dalam Manhwa dan Webnovel Korea?

Apa itu Murim dalam Manhwa? Mengenal Dunia Martial Arts di Korea Selatan

Murim adalah istilah dalam bahasa Korea (무림) yang merujuk pada "dunia bela diri" atau "dunia persilatan". Istilah ini sering digunakan dalam cerita-cerita fiksi seperti novel, film, atau drama yang berlatar belakang dunia persilatan. Dalam konteks manhwa, murim merujuk pada dunia para pejuang dan pengajar seni bela diri. Manhwa dengan genre seperti ini biasanya menampilkan aksi-aksi bela diri yang menarik dan seru untuk dibaca.

Dalam manhwa, karakter murim biasanya sangat kuat dan terampil dalam seni bela diri, dan memiliki reputasi yang tinggi di dunia seni bela diri. Mereka juga berperan sebagai guru atau mentor bagi karakter utama dalam cerita. Karena keterampilan dan pengetahuan mereka dalam seni bela diri, karakter murim sering dihormati dan dihargai dalam dunia manhwa.

Martial Arts (Murim) di Korea Selatan

Apa itu Murim dalam Manhwa? Mengenal Dunia Martial Arts di Korea Selatan

Seni bela diri Korea Selatan memiliki akar yang sangat dalam pada sejarah dan budaya Korea. Pada zaman kuno, seni bela diri digunakan sebagai bentuk latihan fisik dan mental serta sebagai sarana untuk melindungi diri dan kerajaan dari serangan musuh. Salah satu bentuk seni bela diri Korea Selatan yang paling terkenal adalah Taekwondo. Seni bela diri ini berkembang sejak tahun 37 Masehi dan kerap dijadikan pertunjukan acara ritual yang dilakukan oleh bangsa Korea.

Selain Taekwondo, terdapat banyak jenis Martial Arts lainnya sererti Hapkido, Kumdo, dan Ssireum. Hapkido adalah seni bela diri yang menekankan pada teknik lemparan dan penguncian. Kumdo adalah seni bela diri yang mirip dengan Kendo (yang berasal dari Jepang), namun terdapat sedikit perbedaan pada Kumdo Korea karena apropriasi dan akulturasi. Sedangkan Ssireum adalah bentuk seni bela diri yang berbentuk gulat tradisional. 

Rekomendasi Manhwa Murim

Apa itu Murim dalam Manhwa? Mengenal Dunia Martial Arts di Korea Selatan
Beak Son-Ho dari Manhwa The Breaker

Manhwa murim atau manhwa tentang seni bela diri telah menjadi populer di kalangan pembaca Korea Selatan dan juga di seluruh dunia. Berikut adalah rekomendasi manhwa murim yang cukup populer di antaranya (sinopsis):

The Breaker

The Breaker menceritakan seorang anak muda yang lemah dan penakut bernama Shiwoon, dia sering mendapatkan perlakuan perundungan oleh teman sekelasnya. Karena kondisinya tersebut dia bertemu dengan guru seni bela diri yang melatih dirinya dengan keras, dan mulai berlatih untuk menjadi lebih kuat dalam rangka menghadapi musuh-musuhnya. Manhwa ini memiliki alur cerita yang seru dan karakter yang kuat, serta ilustrasi yang indah.

Gosu

Bercerita tentang seorang pemuda yang berangkat untuk membalas dendam atas gurunya, seorang seniman bela diri yang dulunya sangat kuat, namun dikhianati oleh anak buahnya sendiri dan hampir kehilangan nyawanya. Gang Ryong dipersenjatai teknik bela diri agung sang guru, dan siap untuk menimbulkan teror dan kekacauan di antara murim. Namun sebelum dia benar-benar memulai, dia mengetahui bahwa orang-orang yang telah mengkhianati gurunya sudah mati.

Veritas

Veritas adalah kisah tentang seorang siswa sekolah menengah bernama Gangryong Ma yang diselamatkan suatu hari oleh seorang pria yang kekuatannya di luar nalar. Pria tersebut bernama Lightning Tiger. Ia mengajarkan Gangryong seni bela diri yang dikenal sebagai Enlightenment Of Thunder and Lightning (or EOTL), sehingga memperkenalkannya pada dunia kekuatan yang akan mengubah hidupnya selamanya. Setahun kemudian, orang datang untuk melihatnya dan mengumumkan bahwa "gurunya" sudah meninggal dunia dan menunjukkan bagian tubuh yang berhasil mereka temukan hanyalah sisa-sisa terbakar dan patah dari lengan sang guru. Karena Gangryong adalah satu-satunya muridnya, ia harus mengikuti mereka dan pergi ke sekolah di mana semua orang adalah seniman bela diri yang kuat. Dia menerima ini sebagai cara untuk memperdalam pelatihannya dan mencari tahu mengapa gurunya dibunuh.

Trinity Wonder

Trinity Wonder berpusat pada tiga individu dari tiga dunia paralel yang berbeda yaitu seniman bela diri Gang Wu-Jin (Murim), penyihir Emily (Fantasi), dan pengusaha teknologi Sylvia Walden (futuristik Asadal). Masing-masing dari mereka telah menjalani hidup mereka tanpa pengetahuan tentang alam semesta yang lebih besar hingga saat itu ketika lubang cacing membawa Wujin dan Emily ke masa kini melalui gerbang teleportasi eksperimental Sylvia. Kekacauan kemudian terjadi saat ketiganya bekerja sama untuk mengungkap cara kembali ke dunia masing-masing.

A Returner's Magic Should Be Special

A Returner's Magic Should Be Special adalah manhwa murim yang mengikuti petualangan seorang pemuda bernama Desir Arman, yang terjebak dalam sebuah permainan online yang sangat realistis. Desir Arman adalah satu-satunya dari enam orang yang berhasil selamat dari kehancuran umat manusia. Saat itu mereka berusaha untuk menyelesaikan level terakhir labirin, namun akhirnya gagal, dan dunia pun berakhir. Namun ketika Desir berpikir dia akan menghadapi ajalnya, yang terungkap di hadapannya adalah dunia... tiga belas tahun yang lalu. Desir kembali ke masa lalu, dimana saat ia masuk ke akademi sihir terbaik negara, Havrion. Dia dipertemukan kembali dengan teman-teman berharga, dan bersiap untuk mengubah masa lalu untuk menyelamatkan dunia dan orang-orang tercintanya.

Akira adalah content writer yang memiliki minat lebih di bidang anime, otaku, dan culture.