Table of Content

Arti Suki Desu Tsukiatte Kudasai dalam Anime dan Budaya Jepang

Jantung berdetak kencang saat momen-momen mendebarkan? Berikut arti suki desu, tsukiatte kudasai dalam anime dan budaya Jepang.
Arti Suki Desu Tsukiatte Kudasai dalam Anime dan Budaya Jepang

Dalam dunia anime dan budaya Jepang, seringkali kita menemui kata-kata yang mungkin asing bagi mereka yang tidak terbiasa dengan bahasa Jepang. Salah satu kata yang sering muncul dalam anime adalah "suki desu, tsukiatte kudasai"

Kata ini memiliki arti yang penting dan mendalam dalam konteks hubungan interpersonal (antarpribadi). Karenanya, artikel ini akan membahas secara lengkap arti dari kata "suki desu, tsukiatte kudasai" serta implikasinya dalam budaya Jepang dan dunia anime.

Apa Arti "Tsukiatte Kudasai"?

Suki Desu

"Suki desu" merupakan kata dalam bahasa Jepang yang bisa diartikan sebagai "aku suka kamu" atau "aku menyukaimu". Frasa ini mengandung perasaan suka atau cinta yang lebih dari sekadar teman. Biasanya, "suki desu" digunakan untuk menyatakan ketertarikan atau perasaan yang lebih mendalam terhadap seseorang.

Tsukiatte Kudasai

"Tsukiatte Kudasai" sering digunakan untuk mengungkapkan keinginan berpacaran atau menjalin hubungan dengan seseorang. "Tsukiatte kudasai" secara harfiah dapat diterjemahkan sebagai "tolong keluar bersamaku". Lengkapnya, "tsukiatte" berarti "berpacaran" atau "menjalin hubungan" dan "kudasai" berarti "tolong" atau "harapkan". Dalam konteks percintaan, "tsukiatte kudasai" dapat diterjemahkan menjadi "maukah kamu menjadi kekasihku" atau "tolong menjadi pacarku" atau bisa juga "tolong berkencan denganku".

Jika digabungkan maka menjadi, "sukidesu, tsukiatte kudasai" yang artinya "aku menyukaimu, kumohon berkencanlah denganku".

Jawaban dari kata "Sukidesu, Tsukiatte Kudasai"

Dalam anime atau kehidupan budaya Jepang, ketika menerima kata "sukidesu, tsukiatte kudasai" dari seseorang tentunya hal ini menjadi momen yang paling mendebarkan. Ada beberapa kata yang bisa digunakan untuk membalas kata tersebut.

  1. Arigatou Yoroshikuonegaishimasu / Terima kasih! (ketika kamu menerima atau ingin menjalin hubungan dengannya) 
  2. Atigatou Chotto Kangaerune / Terima kasih! Biarkan aku mempertimbangkannya (ketika kamu belum ingin menjalin hubungan dengannya sekarang)
  3. Gomennasai / Aku sungguh minta maaf (ketika kamu menolak atau tidak ingin menjalin hubungan dengannya)

Sukidesu Tsukiatte Kudasai dalam Anime

Arti Suki Desu Tsukiatte Kudasai dalam Anime dan Budaya Jepang
Aku ingin menjadi pria ganteng yang tinggal di Tokyo - Mitsuha Miyamizu

Tentu kata "sukidesu, tsukiatte kudasai" cukup sering muncul dalam cerita anime yang bergenre romansa. Karakter utama biasanya menggunakan kata-kata ini untuk mengungkapkan perasaan cinta kepada orang yang mereka sukai. Hal ini sering menjadi momen puncak sekaligus penting dalam alur cerita, nantinya hubungan kedua karakter tersebut akan bergantung pada jawaban orang yang ditembak, bisa berakhir happy ending atau bad ending.

Tentu saja ucapan "aku suka kamu" bukanlah sekadar kata-kata yang bisa diucapkan dengan mudah. Kata ini mencerminkan perasaan yang dalam dan sering kali diiringi dengan dag-dig-dug, cemas, keragu-raguan, dan harapan yang besar. Begitulah kira-kira arti dari kata "suki desu, tsukiatte kudasai" dalam anime dan budaya Jepang.

Akira adalah content writer yang memiliki minat lebih di bidang anime, otaku, dan culture.