Table of Content

Naruto: Perubahan Mata Sasuke Uchiha, dari Terlemah hingga Terkuat

Sasuke adalah keturunan klan Uchiha, tentunya Ia memiliki mata sharingan. Inilah perubahan mata Sasuke dari terlemah hingga terkuat di Naruto.

Naruto: Perubahan Mata Sasuke Uchiha, dari Terlemah hingga Terkuat

Sasuke adalah salah satu karakter terkuat yang pernah ada dalam serial anime Naruto. Sasuke tumbuh menjadi kuat karena ambisi untuk membalas dendam kepada kakanya, Itachi. Yang telah membunuh seluruh anggota klan Uchiha.

Lahir sebagai keturunan klan Uchiha, tentunya Sasuke memiliki mata khas klannya, Sharingan. Sejatinya Sharingan akan berevolusi menjadi semakin kuat diiringi dengan rasa penderitaan yang diderita oleh pengguna. Semakin kesal, marah, dan benci akan membuat mata Sharingan semakin kuat.

Inilah perubahan mata Sasuke Uchiha. Dari yang terlemah hingga terkuat.

6. Sharingan Satu Tomoe

Naruto: Perubahan Mata Sasuke Uchiha, dari Terlemah hingga Terkuat

Sharingan satu tomoe adalah mata Sharingan klan Uchiha yang paling basic sekaligus terlemah. Meskipun hanya memberikan efek yang sedikit, akan tetapi satu tomoe akan sangat berguna dalam suatu pertarungan.

Baca juga: Selain Hashirama, 5 Ninja Ini Mampu Mengalahkan Madara Uchiha

Sasuke sendiri membangkitkan Sharingan untuk pertama kali saat pembantaian klan Uchiha terjadi. Kala itu Sasuke hanya mampu membangkitkan satu tomoe saja.

5. Sharingan Dua Tomoe

Naruto: Perubahan Mata Sasuke Uchiha, dari Terlemah hingga Terkuat

Tentunya Sharingan dengan dua tomoe akan jauh lebih kuat dibandingkan satu tomoe. Dengan dua tomoe, pengguna akan dapat membaca gerakan yang lebih halus dan tepat. Dengan mata ini, Sasuke dapat menirukan berbagai teknik ninjutsu, genjutsu, dan taijutsu.

Sasuke membangkitkan dua tomoe saat arc Negeri Ombak. Dimana saat itu, Tim 7 melakukan sebuah misi pengawalan. Namun secara mengejutkan mereka harus menghadapi Zabuza dan Haku. 

4. Sharingan Tiga Tomoe

Naruto: Perubahan Mata Sasuke Uchiha, dari Terlemah hingga Terkuat

Inilah mata yang sudah dianggap sempurna atau dewasa untuk mata Sharingan. Dengan mata ini pengguna akan dapat melihat gerakan lawan 3 detik lebih cepat. (Dalam era Boruto tidak pernah diperlihatkan lagi, mungkin karena gerakan lawan memang sangat cepat).

Sasuke membangkitkan Sharingan tiga tomoe saat pertarungan dengan Naruto di lembah akhir. Dengan tumbuhnya tiga tomoe di Sharingan tentu kekuatan yang diberikan akan jauh meningkat dibandingkan dengan satu atau dua tomoe.

3. Mangekyou Sharingan

Naruto: Perubahan Mata Sasuke Uchiha, dari Terlemah hingga Terkuat

Perubahan mata Sasuke selanjutnya adalah Mangekyou Sharingan. Mata ini tidak dimiliki oleh seorang anggota klan Uchiha biasa. Sharingan jenis ini hanya bisa didapatkan setelah mendapatkan trauma yang sangat mendalam karena disebabkan oleh kematian orang yang sangat dekat.

Mangekyou Sharingan menjadi salah satu Kekkei Genkai terkuat di serial anime Naruto. Dengan mata ini, Sasuke dapat menggunakan Amaterasu dan Susanoo. Tentu kalian pasti tidak akan lupa kapan Sasuke membangkitkan Mangekyou Sharingan bukan? Ya, saat membunuh kakaknya sendiri, Itachi.

2. Eternal Mangekyou Sharingan

Naruto: Perubahan Mata Sasuke Uchiha, dari Terlemah hingga Terkuat

Meskipun Mangekyou Sharingan adalah mata yang sangat kuat, akan tetapi Sasuke belum puas dengan itu. Seperti yang kita ketahui kelemahan terbesar Mangekyou Sharingan adalah menyebabkan pengguna kehilangan penglihatan jika digunakan secara berlebihan.

Oleh karena itulah, Sasuke mentransplantasikan mata Itachi Uchiha agar mendapatkan keabadian di matanya. Namun Sasuke bukanlah yang pertama melakukannya. Hal ini pernah terjadi sebelumnya, saat Madara mentransplantasikan mata adiknya, Izuna Uchiha.

1. Rinnegan

Naruto: Perubahan Mata Sasuke Uchiha, dari Terlemah hingga Terkuat

Perubahan mata Sasuke terakhir sekaligus terkuat adalah Rinnegan. Sasuke mendapatkan mata ini setelah bertemu dengan Hagoromo Otsutsuki yang membangikan setengah kekuatannya untuk Sasuke. Sehingga mata kiri Sasuke berubah menjadi Rinnegan tomoe.

Dengan mata ini, Sasuke dapat menggunakan teknik ninjutsu ruang-waktu. Sasuke akan dengan mudah bertukar tempat dengan orang lain atau benda dalam jarak yang pendek.

Kesimpulan

Ternyata setelah ditelusuri dari awal membangkitkan mata Sharingan hingga mendapatkan doujutsu Rinnegan, Sasuke melewati 6 tahap dalam proses evolusi Sharingan miliknya.

Dimulai dari satu tomoe, dua tomoe, tiga tomoe, hingga mencapai Mangekyou Sharingan, bahkan Eternal Mangekyou Sharingan dan pada puncaknya Sasuke diberi mata Rinnegan oleh Hagoromo.

Itulah perubahan mata Sasuke Uchiha, dari terlemah hingga terkuat di Naruto.

Baca juga: Unik! 7 Pasang Karakter Ini Memiliki Wajah Sangat Mirip di Naruto

Writer for neeotaku.com from Indonesia, I like anime, khususnya Naruto and Boruto. Selain itu, juga memiliki minat lebih terhadap musik Jepang.