Table of Content

Apa Itu Maraton Anime? 5 Hal yang Harus Kalian Persiapkan Sebelumnya

Apa itu maraton Anime? Dan apa aja sih yang harus dipersiapkan ketika maraton Anime? Yuk cari tahu!

Apa Itu Maraton Anime? 5 Hal yang Harus Kalian Persiapkan Sebelumnya

Mungkin maraton yang biasa kita kenal adalah perlombaan lari jarah jauh 10 km atau lebih. Ya, itu memang benar, tapi kali ini kita akan membahas mengenai maraton dalam Anime.

Animasi asal jepang atau yang sering disebut Anime memang menjadi salah satu hiburan yang digemari di Indonesia. Banyak para penggemar yang menghabiskan waktu untuk menonton Anime kesayangan mereka.

Ada yang menikmatinya di akhir pekan atau bahkan setiap hari selalu nonton Anime, kalau kalian tipe yang mana? Beragamnya jenis genre membuat para penikmat Anime merasa tertarik dan bahkan tidak bisa berhenti karena alasan tertentu. Mungkin karena penasaran atau memang sudah kehabisan bahan pembicaraan dengan teman sekolah. Lalu bagaimana dengan maraton Anime? Apa itu?

Apa itu Maraton Anime?

Apa Itu Maraton Anime? 5 Hal yang Harus Kalian Persiapkan Sebelumnya

Maraton dalam KBBI berarti terus-menerus atau tanpa berhenti. Jadi jika dihubungkan dengan Anime, sudah jelas bukan? Berarti suatu kegiatan di mana pemirsa atau penikmat Anime terus menonton Anime tanpa berhenti (dalam jangka waktu yang lama).

Bisa juga maraton Anime dikatakan dengan menonton Anime dengan sekali makan, yap menamatkan suatu Anime dengan sekali tonton. Intinya sih kita nonton terus-menerus dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kepada Harus Maraton Anime?

Apa Itu Maraton Anime? 5 Hal yang Harus Kalian Persiapkan Sebelumnya

Banyak alasan orang melakukan hal ini, mungkin mereka menemukan seri yang membuatnya sangat penasaran. "Wah gimana ya nanti endingnya?" Mau tak mau, kita harus maraton agar rasa penasaran hilang, apalagi seri anime itu cukup panjang.

Mungkin para vvibu yang memang sudah jatuh terlalu dalam mengangap hal ini sudah biasa, dan sudah mempersiapkan hal-hal penting sebelum maraton Anime. "Aa, aku belum siap nih" Nah, karena itu, yuk perhatikan 5 tips berikut sebelum kalian terjun untuk maraton Anime.

1. Persiapkan Fisik, Tempat, dan Waktu

Apa Itu Maraton Anime? 5 Hal yang Harus Kalian Persiapkan Sebelumnya

Karena kita akan menonton Anime dalam waktu yang cukup lama, jadi persiapkanlah kesehatan, tempat, dan waktumu.

Badan harus kuat dan bugar, terutama mata dan mungkin pantat kita karena harus duduk berjam-jam lamanya. Tapi, jangan dalam berada di posisi yang sama, sesekali berdirilah atau berpindah posisi karena bisa menyegarkan tubuh kembali.

Tempat juga harus tenang, jangan ada gangguan. Lagi asik-asik nonton eh ada temen dateng, bukanya diem dan ikut nonton, malah brisik dan mencari masalah.

2. Kuota dan Baterai yang Cukup

Merasa kesal bukan jika kita lagi asik-asiknya nonton malah delay atau bahkan baterai habis dan charger lagi dipake anggota keluarga yang lain, Huh ...

Oleh karena itu, kita juga harus mempersiapkan kuota yang cepat serta cukup juga baterai laptop atau ponsel dengan cermat.

Ada baiknya sih kalian download dulu deh Anime yang ingin kalian maraton-in, barulah tonton sepuasnya tanpa takut delay. So, persiapkanlah!

3. Menggunakan Headphone atau Earphone

Apa Itu Maraton Anime? 5 Hal yang Harus Kalian Persiapkan Sebelumnya

Ini sih wajib untuk dilakukan. Selain mengurangi gangguan suara dari luar, menggunakan headphone atau earphone bisa mendapatkan feel yang lebih dalem. Saat terdapat adegan yang sedih, mungkin saja kita bisa menangis saking meresapinya.

Dengan menggunakan headphone, itu artinya kita menonton Anime sendirian. Lagi-lagi hal ini akan menambah fokus kita ke dalam animenya.

Kalau nonton bareng kemungkinan bakal ada sesi pembahasan dengan teman, itu membuat acara maraton kalian menjadi gagal. Karena bisa memperlambat progres dan akan lama untuk menamatkan Anime yang kalian tonton.

4. Cemilan dan Minuman

Nonton Anime sambil minum coca cola atau kopi atau bahkan minuman lain yang kalian suka, mungkin bisa mengurangi jenuh ketika maraton Anime.

Namanya juga maraton pasti akan memakan waktu yang cukup lama, mungkin kalian juga akan merasa lapar. Nah, nyemil juga terasa nikmat jika bersamaan dengan nonton Anime.

Tapi ingat! Gaya hidup seperti itu akan berbahaya. Jadi seimbangkan dengan makan-makanan yang bergizi agar metabolisme tubuh tetap terjaga.

5. Jangan Memaksa Tubuh

Apa Itu Maraton Anime? 5 Hal yang Harus Kalian Persiapkan Sebelumnya

Jika tubuhmu sudah merasa lelah, jangan kalian paksakan, cobalah untuk beristirahat sejenak. Jika mata mulai merah dan pedas, cobalah keluar dan nikmati udara segar diluar.

Pokoknya jangan paksakan tubuhmu meski waktu menonton kalian tinggal sedikit. Kesehatan lebih penting dari segalanya.

Mungkin kalian bisa membuat jeda diantara seri yang kalian tonton. Misal kalian akan berhenti setelah menyelesaikan arc Invasi Pain di Naruto Shippuden. Yang jelas ada patokan kapan untuk berhenti dan tidak mengganggu alur cerita.

Baca: Ini Urutan Nonton Anime Movie HoneyWorks

Writer for neeotaku.com from Indonesia, I like anime, khususnya Naruto and Boruto. Selain itu, juga memiliki minat lebih terhadap musik Jepang.