Table of Content

Berbagai Jenis Produksi Anime! TV, OVA, ONA, Movie, Live Action

TV, OVA, ONA, Movie, Live Action, Promotional Anime? Apa itu? Berikut penjelasan jenis produksi anime yang perlu kamu ketahui!
Berbagai Jenis Produksi Anime! TV, OVA, ONA, Movie, Live Action

Anime adalah serial animasi asal Jepang yang cukup populer di dunia, termasuk Indonesia. Tidak heran serial animasi ini cukup mendunia karena tidak hanya menawarkan berbagai genre dan cerita yang menarik, tapi juga memberikan audio dan visual yang indah.

Dalam proses pembuatannya, anime memiliki berbagai jenis produksi. Ada yang dibuat untuk serial tv setiap minggu, ada yang hanya dibuat untuk tujuan tertentu, hingga ada yang memiliki durasi panjang atau yang biasa disebut film. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis produksi anime yang dapat ditemui. Check this out!

Serial TV Anime

Berbagai Jenis Produksi Anime! TV, OVA, ONA, Movie, Live Action
Naruto Shippuden

Serial TV anime adalah format yang paling umum dan populer dalam industri anime. Biasanya terdiri dari beberapa episode yang disiarkan secara berkala di televisi Jepang atau platfrom streaming online. Setiap episode berlangsung sekitar 22 hingga 26 menit (umumnya 24 menit), dan serial ini dapat memiliki beberapa musim yang berlanjut. Contoh-contoh serial TV anime yang terkenal di Indonesia antara lain Naruto, One Piece, dan Attack on Titan.

Baca juga: Apa Itu Anime Original? Ini Penjelasan dan Rekomendasinya!

OVA (Original Video Animation)

Berbagai Jenis Produksi Anime! TV, OVA, ONA, Movie, Live Action
@wongwong01

OVA adalah jenis produksi anime yang dirilis langsung dalam format video, baik dalam bentuk DVD, kaset, laserdisc, maupun Blu-ray. OVA umumnya memiliki durasi yang lebih panjang daripada episode biasa dalam serial TV anime. Banyak serial populer yang pertama kali muncul dalam bentuk animasi sebagai OVA, dan kemudian berkembang menjadi serial televisi atau film. Anime jenis OVA umunya memiliki biaya produksi yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan serial TV, hal ini karena kualitas teknis animasi yang memang lebih tinggi. Para produsen juga tidak harus 'dipaksa' membuat satu episode dengan durasi 22 hingga 26 menit, sehingga mereka memiliki kebebasan dalam hal durasi yang mana akan memberikan kebebasan untuk memperluas cerita, karakter, dan pengembangan plot.

ONA (Original Net Animation)

Berbagai Jenis Produksi Anime! TV, OVA, ONA, Movie, Live Action
Hetalia: Axis Powers

ONA adalah jenis produksi anime yang secara eksklusif dirilis melalui platform streaming atau internet. Original Net Animation sering kali memiliki episode yang lebih pendek dan fokus utama awal mereka hanya secara daring saja. ONA dapat ditemukan di platform seperti Netflix, Crunchyroll, Amazon Prime Video, atau situs streaming resmi lain yang bekerja sama dengan studio animasi tersebut. Ada beberapa contoh ONA, seperti Hetalia: Axis Powers, yang hanya berdurasi beberapa menit per episode, Mahou Yuugi yang dibuat oleh AIC dimana menjadi studio besar pertama yang merilis ONA, Pokémon: The Mastermind of Mirage Pokémon, dan sebagainya. Beberapa serial ONA pada akhirnya juga menjadi serial TV.

Baca juga: 5 Rekomendasi Anime Romantis yang Mungkin Jarang Diketahui

Anime Movie

Berbagai Jenis Produksi Anime! TV, OVA, ONA, Movie, Live Action
A Whisker Away

Film anime merupakan jenis produksi anime yang memiliki durasi panjang, mulai dari 60 hingga 120 menit atau lebih dan umumnya ditayangkan di bioskop. Anime movie menawarkan cerita yang lengkap dalam satu kali penayangan dan memiliki kualitas animasi yang tinggi. Anime movie bisa mencakup berbagai genre, mulai dari petualangan, fantasi, romansa, hingga aksi, dan bahkan fiksi ilmiah. Beberapa anime movie bahkan sangat terkenal dan memenangkan penghargaan internasional karena kualitas cerita dan animasinya. Beberapa film anime yang sangat terkenal seperti Spirited Away, Your Name, dan Akira. Namun ada beberapa anime movie yang cukup pendek, salah satunya Summer Ghost yang diproduksi oleh Flat Studio, September 2021 lalu. Summer Ghost hanya memiliki durasi 40 menit saja.

Anime Live-Action

Berbagai Jenis Produksi Anime! TV, OVA, ONA, Movie, Live Action
One Piece Live Action

Meskipun anime dikenal sebagai bentuk animasi, beberapa karya anime juga diadaptasi menjadi versi live-action. Produksi anime live-action biasanya mengambil karakter dan cerita dari anime aslinya dan menghidupkannya dalam dunia nyata dengan aktor dan aktris sungguhan. Beberapa contoh anime live-action yang populer adalah Death Note, One Piece, dan Attack on Titan. Tidak ada yang benar-benar spesial dengan anime live-action, kecuali perubahan dunia anime menjadi dunia nyata. Meskipun, ada beberapa serial live-action yang menyuguhkan cerita sedikit berbeda dari anime aslinya.

Baca juga: Apa Itu Kataware Doki? Memahami Konsep Waktu dan Kesempatan dalam Anime Your Name

Promotional Anime

Berbagai Jenis Produksi Anime! TV, OVA, ONA, Movie, Live Action
Genshin Impact

Promotional Anime adalah bentuk Promotional Video atau Commercial Video yang diproduksi dalam bentuk animasi singkat umumnya dibawah satu menit yang dibuat untuk tujuan pemasaran atau promosi suatu produk, layanan, acara, atau merek tertentu. Promotional Anime biasanya berfungsi untuk memperkenalkan produk yang mereka promosikan agar diketahui banyak orang, gunanya untuk menarik perhatian dengan promosi menggunakan style anime. Promosi dengan cara ini dapat ditemukan di iklan-iklan online, acara konvensi, dan sebagainya. Salah satu contohnya adalah Genshin Impact, mereka beberapa kali membuat video promosi dengan style anime.

Itulah beberapa jenis produksi anime yang dapat ditemui. Setiap jenis produksi ini tentu menawarkan pengalaman yang unik dan memperkaya dunia anime dengan cara yang berbeda. Mana favorit kalian? Tulis di kolom komentar.

Writer for neeotaku.com from Indonesia, I like anime, khususnya Naruto and Boruto. Selain itu, juga memiliki minat lebih terhadap musik Jepang.