Table of Content

Ini Daftar Episode Pertarungan Naruto vs Sasuke dari Kecil Hingga Dewasa

Badass dan Epic! Inilah daftar pertarungan Naruto vs Sasuke dari kecil hingga dewasa di anime Naruto.
Ini Daftar Episode Naruto vs Sasuke dari Kecil Hingga Dewasa

Rasa iri dengki dan pertarungan menjadi 'tema' utama di dalam cerita anime Naruto. Seperti yang kita tahu, rival antara Naruto dan Sasuke juga terjadi akibat rasa iri sejak kecil. Sasuke iri karena Naruto tumbuh semakin kuat, sedangkan Naruto iri melihat kepopuleran Sasuke di akademi. Mereka juga tumbuh karena ambisi akan sesuatu, dimana Sasuke ingin balas dendam terhadap Itachi dan Naruto ingin membawa Sasuke pulang karena terjerumus ke dalam kegelapan. Selain itu, keduanya bisa dibilang terlahir dengan kondisi yang sama karena memiliki penderitaan di masa lalu.

Naruto dan Sasuke sendiri memang menjadi reinkarnasi Indra dan Asura, mungkin hal ini juga yang menjadi pemicu keduanya sering bertarung dan membentuk rivalitas satu sama lain. Bahkan duel mereka sudah terjadi sejak masih di akademi dan terus berlanjut hingga berada di puncak kekuatan mereka masing-masing. Berikut adalah daftar episode pertarungan Naruto vs Sasuke di anime Naruto dan Naruto Shippuden.

Naruto vs Sasuke di Akademi Ninja (Naruto Shippuden Episode 257)

Ini Daftar Episode Naruto vs Sasuke dari Kecil Hingga Dewasa

Sejak Naruto dan Sasuke pertama kali bertemu, mereka seakan sudah ditakdirkan menjadi sepasang rival. Saat di akademi, Naruto berjuang keras untuk mendapatkan perhatian Sakura, sementara Sasuke memiliki ambisi untuk menjadi lebih kuat dan berusaha memiliki kemampuan lebih dari siapapun untuk membalas dendam terhadap kakaknya, Uchiha Itachi. Duel Naruto dan Sasuke di akademi ini terjadi ketika Iruka menunjuk mereka berdua berlatih tanding.

Duel Naruto vs Sasuke dikelilingi banyak murid akademi lainnya, dan tentu sangat mudah ditebak siapa pemenangnya. Dalam waktu singkat, Sasuke dengan mudah mengalahkan Naruto yang masih lemah. Hal ini karena Naruto memang belum terlatih pada saat itu, sementara Sasuke seorang Uchiha yang berbakat alami dan telah menguasai beberapa teknik ninja dari ayahnya. Poin pentingnya bukan kekalahan yang diderita Naruto, tapi ketika Naruto menyadari mata temannya itu dipenuhi dengan kebencian, meskipun bukan untuk dirinya.

Baca juga: 3 Fakta Kawarimi no Jutsu di Anime Naruto

Naruto vs Sasuke di Atap Rumah Sakit Konoha (Naruto Episode 107)

Ini Daftar Episode Naruto vs Sasuke dari Kecil Hingga Dewasa

Sasuke dan Naruto kembali bertarung secara lebih serius di atap rumah sakit Konoha, kalian tentu ingat episode yang satu ini bukan? Pertarungan ini dipicu karena Sasuke merasa iri terhadap perkembangan kekuatan Naruto yang semakin pesat. Saat itu Sasuke ingin memastikan bahwa dia tetap menjadi murid terkuat di antara yang lain, terutama Tim 7.

Pertarungan mereka berlangsung cukup ketat, hingga Naruto dengan Rasengan dan Sasuke dengan Chidorinya akan menyerang satu sama lain. Untungnya Kakashi berhasil menghentikan mereka dan melempar keduanya ke tower air rumah sakit Konoha. Awalnya Sasuke senang karena melihat tower air dengan chidorinya menyebabkan lubang lebih parah dibandingkan Naruto. Namun, setelah melihat belakang tower air tersebut, Rasengan milik Naruto lah yang menyebabkan kerusakan lebih parah dibandingkan Chidori milik Sasuke. Menyadari hal tersebut, Sasuke merasa dirinya berkembang cukup lambat, terutama setelah menyadari bahwa nyawanya baru saja diselamatkan oleh Kakashi.

Naruto vs Sasuke di Lembah Akhir (Naruto Episode 133)

Ini Daftar Episode Naruto vs Sasuke dari Kecil Hingga Dewasa

Merasa cukup lemah, Sasuke meninggalkan Konoha dan mencari Orochimaru demi mendapatkan kekuatan secara instan. Naruto bergabung dengan tim yang dipimpin oleh Shikamaru untuk membawa Sasuke kembali ke Konoha. Episode ini terjadi pada Arc Sasuke Dakkai Ninmu, yang menjadi salah satu arc cukup seru dan panjang dimana setiap anggota Tim 11 Konoha terlibat dalam pertarungan melawan anak buah Orochimaru, hingga menyisakan Naruto dan Sasuke yang saling berhadapan.

Pertarungan keduanya berlangsung di Lembah Akhir dan menjadi duel paling krusial. Naruto berhasil mengendalikan sedikit chakra Kyuubi, sementara Sasuke menggunakan tanda kutukan untuk menghadapinya. Setelah pertarungan yang panjang dan melelahkan, Sasuke keluar sebagai pemenang. Meskipun sempat berpikir untuk membunuh Naruto, Sasuke memilih untuk menunjukkan belas kasihan karena "dia tidak perlu membunuhnya untuk menjadi lebih kuat". Tak lama Kakashi tiba di lokasi pertarungan dan menemui Naruto yang sudah terkapar.

Baca juga: Mengingat Kembali Episode Epic Naruto vs Toneri di The Last: Naruto the Movie

Naruto vs Sasuke Setelah Kematian Danzo Shimura (Naruto Shippuden Episode 216)

Ini Daftar Episode Naruto vs Sasuke dari Kecil Hingga Dewasa

Setelah kematian Danzo Shimura, Tim 7 berhasil menemukan Sasuke. Pertempuran Sasuke melawan Danzo membuat Sasuke kelelahan. Meski begitu Sasuke tidak ragu untuk menyerang mantan rekannya dan hampir saja membunuh Sakura. Naruto juga sempat menyatakan niatnya untuk membawa kembali temannya itu ke Konoha tanpa memedulikan apa pun, tapi Sasuke malah meremehkannya.

Terjadilah duel antara Sasuke vs Naruto dan pertarungan ini sekaligus memperlihatkan apa saja yang telah mereka pelajari selama bertahun-tahun terpisah. Pertarungan terjadi cukup singkat dan banyak flashback ke masa lalu di dalam episode ini. Pertarungan memuncak saat terjadi adu Rasengan dan Chidori, namun tiba-tiba Obito bersama Zetsu datang menghentikannya. Obito mengatakan bahwa ini bukan saat yang tepat untuk Sasuke bertarung dengan Tim 7 dan menggunakan kamui untuk kabur bersamanya.

Naruto vs Sasuke Setelah Kaguya Mati - The Final Battle (Naruto Shippuden Episode 476 - 478)

Ini Daftar Episode Naruto vs Sasuke dari Kecil Hingga Dewasa

The Final Battle menjadi episode pertarungan besar antara Naruto dan Sasuke untuk terakhir kalinya. Duel ini sebagai pertanda akhir dan menjadi penentu nasib dunia selanjutnya. Saat itu Sasuke mengatakan ingin menjadi seorang 'Hokage' dan berusaha mendominasi seluruh planet dengan kekuatan barunya yang berencana untuk membunuh monster berekor dan para Kage, sementara Naruto berkeinginan menuju masa depan yang damai dan cerah untuk semua.

Disini Naruto dan Sasuke benar-benar berada di level teratas kekuatan mereka. Sasuke menguasai Sharingan dan Rinnegan, membuat Perfect Susanoo yang memasuki fase Indra, dan memperbudak delapan monster berekor. Sementara Naruto menguasai dan bekerja sama dengan Kurama mode Asura, menggunakan Sage Mode tingkat tinggi, dan menggunakan berbagai varian dewa Rasengan. Pertarungan cukup seimbang dimana Naruto mampu menandingi kekuatan Sasuke, meskipun sedikit menahan diri (karena Naruto tidak ingin membunuh Sasuke). Pada akhirnya, kedua ninja itu babak belur dan terjadi adu jotos yang hebat. Naruto dan Sasuke saling menghancurkan tangan mereka dan terus bertarung satu sama lain sampai tidak ada lagi kekuatan untuk berdiri.

Itulah daftar pertarungan antara Naruto dan Sasuke yang ada di anime Naruto. Rival antara Naruto dan Sasuke menjadi simbol dari persaingan, perkembangan, dan sekaligus persahabatan yang terjadi di sepanjang serial.

Writer for neeotaku.com from Indonesia, I like anime, khususnya Naruto and Boruto. Selain itu, juga memiliki minat lebih terhadap musik Jepang.